Tuesday, May 10, 2016

Cara Alami Untuk Mengobati Dan Mencegah Penyakit Typhus

Typhus / Tyfus

Cara Mengobati Dan Mencegah Terserang Typhus


Kali ini sebelum kita membahas Cara Mengobati dan Mencegah Terserang Tipes / Thypus, saya akan coba memberi sedikit penjelasan mengenai penyakit yang menyerang sistem pencernaan dan kekebalan tubuh ini, serta beberapa informasi yang mungkin dapat membantu.



Pengertian :


Tyfus atau Tifus, adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman Salmonella Typhii yang menyerang saluran pencernaan melalui makanan dan minuman. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dari anak kecil hingga orang dewasa. Dan untuk kebanyakan orang, penyakit ini akan kambuh dalam periode tertentu, paling banyak kasus yang terjadi adalah dalam setiap 4 bulan penyakit ini akan kambuh kembali. Hal ini dapat terjadi karna pada saat seseorang terserang penyakit Tyfus atau Tifus, kuman yang ada pada tubuh penderita belum mati sepenuhnya dan masih dapat berkembang biak dan menyerang orang tersebut pada saat kondisi tubuh menurun atau kurang fit. Itulah sebabnya mengapa seseorang yang pernah terkena penyakit Tyfus atau Tifus tidak dapat melakukan aktifitas yang berat bahkan telat makan meskipun hanya beberapa jam.

Beberapa gejala dan tanda - tanda penyakit Tifus :

Gejala - gejala yang biasanya timbul pada penderita penyakit typhus diantaranya :

  • Demam tinggi
  • Kepala pusing
  • Badan lemas
  • Diare
  • Mual
  • Air seni berwarna kuning pekat

Dalam beberapa kasus akan berbeda, ada penderita yang akan mengalami gejala-gejala tersebut secara bertahap, untuk contoh, awalnya penderita akan merasakan pusing dan demam, pada tahap ini para orang tua atau si penderita akan berfikir bahwa ini sakit panas biasa atau kecapekan, dan bila tidak segera diperiksa oleh dokter dan diberikan antibiotik dalam waktu yang singkat penderita akan mulai merasa lemas bila berdiri, untuk buang air kecilpun rasanya sulit dan berat sekali. Nah, disini kuman atau bakteri penyebab penyakit typhus ini sudah mulai berkembang dan sudah tidak bisa dicegah lagi. Langkah yang harus dilakukan bila penderita sudah merasakan hal ini adalah segera periksakan ke dokter dan ambil tes darah untuk memeriksa apakah ini adalah typhus atau bahkan penyakit lain yang lebih berbahaya bila didiamkan saja. Setelah itu, penderita akan berangsur-angsur merasa lemas sekali, pusing / oyong, susah makan, ingin muntah, kepala terasa berat, badan panas tinggi, menggigil, dan banyak gejala lain yang mungkin berbeda pada setiap kasus.

Beberapa Ancaman Penyakit Tyfus atau Tifus :



  1. Dapat menyebabkan Kolesistitis. Kolesistitis adalah gejala peradangan (inflamasi) kantung empedu dengan berbagai penyebab (Sumber : Wikipedia)
  2. Dapat menyebabkan penyakit Pneumonia. Pneumonia adalah kondisi inflamasi pada paru—utamanya memengaruhi kantung-kantung udara mikroskopik (Sumber : Wikipedia)
  3. Pankreas dapat mengalami peradangan
  4. Usus dapat mengalami pendarahan


Proses Penularan Penyakit Tyfus atau Tifus :


  1. Melalui makanan dan minuman
  2. Melalui tangan (jari / kuku)
  3. Binatang lalat
  4. Feses
  5. Peralatan makanan seperti sendok atau gelas.

Cara mengobati penderita Typhus

Setelah mengetahui gejala - gejala penyakit Typhus , sekarang saatnya kita membahas Cara Alami Mengobati Typhus. Cara yang akan saya berikan adalah sesuai saran dari dokter dan juga hasil pengalaman pribadi :)


  1. Minum air putih yang banyak dan konsumsi buah - buahan.
  2. Istirahat total.
  3. Tidak boleh terkena angin.
  4. Minum obat cacing yang dapat kita temui di toko obat tradisional.
  5. Hindari minum susu sebelum makan.
  6. Memakai jaket yang tebal dan selimut hingga keringat keluar semua, lakukan sampai badan terasa enak dan tidak menggigil lagi.
  7. Yang terakhir yang paling mujarab adalah berdoa dan yakin Sang Pencipta dapat menjamah tubuh kita dan mengangkat semua penyakit dari tubuh kita.

Cara mencegah penyakit Tyfus atau Tifus.


Setelah memberikan pengertian singkat serta gejala dan proses penularan penyakit Tyfus atau Tifus ini, saya akan mencoba membagikan Tips dan Trik Penting untuk mencegahnya.

Sudah kita ketahui bahwa penyebab utama dari penyakit Tyfus atau Tifus ini adalah "Kebersihan" yang tidak dijaga. Penyakit ini dibawa oleh lalat yang kepada makanan dan minuman kita lalu kuman ini masuk ke dalam tubuh kita. Bisa juga dari tangan kita yang telah memegang sesuatu yang telah terkontaminasi kuman, yang menyebabkan kuman masuk melalui makanan yang kita pegang oleh tangan kita.

Tips dan Trik yang dapat saya berikan adalah :

1. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
2. Menjaga tubuh supaya selalu memiliki asupan gizi yang cukup.
3. Jangan pernah telat makan atau menahan lapar terlalu lama.
4. Berolahraga rutin.
5. Istirahat yang cukup.

Untuk sebagian orang, untuk membersihkan kuman Thypii yang daat menyebabkan Tyfus atau Tifus dari tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen ataupun obat cacing.

Demikian Tips dan Trik Penting Cara Mencegah Terserang Tipes / Tyfus yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat bagi sahabat, dan semoga kita selalu sehat dan terhindar dari penyakit dengan selalu menjaga kebersihan dan asupan yang bergizi.

No comments:

Post a Comment

Beri komentar atau pertanyaan

Zoom Nikon coolpix B 500