Thursday, May 26, 2016

Organ - Organ Pada Mata

Organ luar dan organ dalam Pada Mata Manusia
Sebelumnya kita sudah membahas Beberapa Gangguan Pada Mata. Dan disini kita akan coba mengenal lebih lanjut organ - organ apa saja yang ada pada mata manusia supaya kita bisa lebih memahami penyebab Masalah - Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Mata dan supaya kita tahu bagaimana cara mengatasi masalah pada mati kita, seperti contohnya Cara Mengatasi Rabun Pada Mata.


Organ - Organ Pada Mata Manusia


Mata ( Occulus ) adalah organ yang sangat penting untuk kehidupan kita. Namun jarang sekali yang peduli / Concern pada organ - organ yang ada pada mata, bahkan tidak perduli dengan permasalahan yang dapat timbul pada mata dan cara mengatasinya. Organ-Organ pada mata manusia dapat kita bagi menjadi dua bagian, yaitu organ bagian luar dan organ bagian dalam. Organ mata bagian luar adalah organ yang terletak diluar dan berfungsi melindungi organ mata bagian dalam.

Organ Mata Bagian Luar

  • Bulu Mata (Cillia) : Bisa kita sebut juga rambut mata karna bulu mata berupa rambut - rambut tipis yang berada pada kelopak mata. Fungsi dari bulu mata ini adalah menyaring cahaya yang akan ditangkap oleh mata kita, serta meyaring debu atau pertikel kecil lain supaya tidak masuk ke mata kita.
  • Alis Mata (Supracillia) : Alis mata pada manusia pada umumnya lebih menonjol dan berbentuk seperti bulan sabit. Alis mata bertugas untuk menahan air yang akan menetes dari dahi kita seperti air keringat atau air hujan. Alis pada mata kita juga dapat menunjukkan ekspresi pada wajah seseorang seperti marah, terkejut atau bingung.
  • Kelopak Mata (Palpebra) : Kelopak mata adalah bagian pada mata yang terletak paling luar. Kelopak mata merupakan kulit tipis yang dapat melindungi mata kita dari berbagai macam kotoran yang dapat masuk ke dalam mata kita.

Organ Mata Bagian Dalam

  • Kornea ( Cornea ) : Kornea mata adalah selaput yang terletak paling luar pada bola mata dan bertugas untuk melindungi bagian - bagian yang sensitif di belakangnya. Kornea juga membantu memfokuskan bayangan pada retina.
  • Sclera ( Scleros ) : Sclera adalah organ bagian dalam mata yang berupa dinding yang berwarna putih, elastis, berserat dan tembus cahaya. Memiliki ketebalan 1 mm namun dapat mencapai 3 mm saat terjadi irensi otot pada mata.
  • Iris : Iris terletak dalam wadah interior di antara Kornea dan Lensa Kristal. Iris bertugas untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.
  • Pupil : Sama dengan Iris, Pupil juga bertugas untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam mata, Pupil terletak tepat di tengah Iris.
  • Lensa Kristal ( Kristalin ) : Kristalin berada tepat dibelakang Pupil, fungsi utama Kristalin adalah memfokuskan cahaya pada Retina. Bila objek yang dilihat berada jauh ( titik cahaya jauh ) Lensa Kristal akan menipis, begitupun sebaliknya bila objek yang dilihat dekat ( titik cahaya dekat ) Lensa Kristal akan menebal.
  • Selaput jala ( Retina ) : Terletak pada lapisan yang paling dalam pada bola mata. Retina adalah organ yang paling peka terhadap cahaya. Setelah cahaya diterima oleh Retina, akan diteruskan kepada Saraf Optik.
  • Syaraf Mata ( Saraf Optik ) : Cahaya yang diterima oleh Retina akan langsung diterima oleh Syaraf Mata dimana nantinya akan langsung diteruskan ke Otak dan inilah proses dimana kita dapat melihat suatu benda atau cahaya.

Semoga artikel saya ini dapat berguna bagi sahabat sekalian. Terimakasih telah menyimak Organ - Organ Pada Mata Manusia.

Zoom Nikon coolpix B 500