Sunday, May 22, 2016

Peluang Usaha / Bisnis Modal Kecil Jual Hewan Qurban

Ide Bisnis Jual Hewan Kambing Dan Sapi

Peluang Usaha / Bisnis Modal Kecil Jual Hewan Qurban - Trikser.blogspot.com


Dalam setiap tahun ada bulan dimana penjualan hewan khususnya sapi dan kambing akan meningkat, yaitu disaat hari besar Idul Adha dimana umat muslim membeli sapi atau kambing untuk dijadikan hewan kurban. Nah kesempatan ini yang sebaiknya kita manfaatkan untuk memulai Peluang Usaha / Bisnis Modal Kecil Jual Hewan Qurban.




Lalu bagaimana cara memanfaatkan Peluang Usaha / Bisnis Modal Kecil Jual Hewan Qurban ini? Mungkin diantara kita ada yang belum berpengalaman sama sekali dalam peluang usaha berjualan hewan qurban ini. Menurut saya ini bukanlah masalah besar karena bisnis ini bukan merupakan bisnis usaha yang rumit ,penuh perhitungan dan hal sebagainya. Pada intinya kita berjualan, dapat untung, selesai. Tapi tentunya kita harus memiliki strategi supaya penjuaan kita juga bagus nantinya, kira-kira bagimana strategi dalam menjual hewan kurban ini? Nah di artikel kali ini coba kita jelaskan sedikit strategi dalam Peluang Usaha / Bisnis Modal Kecil Jual Hewan Qurban.

Ada beberapa cara ketika kita ingin menjalankan peluang usaha berjualan hewan qurban. Kita bisa terlebih dahulu membeli hewan-hewan kurban tersebut, atau kita juga bisa kerjasama dengan pemilik hewan untuk menjualkan hewan yang mereka miliki.

Bila kita ingin menjual kambing sebaiknya kita membeli terlebih dahulu dan memelihara sebentar lalu dijual kembali, biasanya keuntungan yang didapat lebih besar bila kita menggunakan metode ini. Karna modal yang dibutuhkan juga tidak sebesar yang dibutuhkan bila kita akan menjual sapi. Bila kita ingin jual sapi sebagai hewan qurban, kita harus memiliki modal yang besar. Bila modal kita tidak mencukupi kita menggunaka metode yang kedua yaitu membantu menjualkan hewan milik orang lain atau biasa kita sebut sebagai reseller.

1. Beli Hewan Jauh Sebelum Hari H

Strategi pertama adalah kita sebisa mungkin membeli hewan kurang lebih 3 - 5 bulan sebelum hari H tiba. Karna bila 1 bulan sebelum hari H harga akan melambung sampai 2 x lipat. Untuk pemilihan, kita pilih yang usianya masih tidak terlalu tua. Lalu selama beberapa bulan menjelang hari H kita dapat pelihara sebaik mungkin dengan memberi makan dan vitamin serta menjaga kebersihan kambing / sapi tersebut. Atau bila kita tidak sempat kita dapat mencari orang yang dapat menjaga dan merawat hewan kita, mungkin tetangga terdekat sampai tetangga kampung sebelah ada yang bersedia dengan komisi yang wajar tentunya.

2. Lahan / Lokasi Berjualan

Strategi kedua kita pesan tempat atau sewa tanah untuk kita jadikan lahan / lapak berjualan kita nantinya. Kita harus jeli dalam memilih lokasi, dari mulai akses jalan, kepadatan penduduk sekitar, kebersihan area di sekitar lahan , sampai luas / lebar lahan yang tersedia. Kita harus menyesuaikan lahan yang akan kita sewa dengan jumlah hewan yang nantinya akan kita jual disana. Perhatikan juga area parkir, jangan sampai kita mengganggu lalu lintas karna pembeli yang sedang datang ke lapak kita memakan jalan untuk parkir kendaraan.

3. Harga

Strategi ketiga tentunya kualitas dan harga. Kita harus semaksimal mungkin menjaga kualitas hewan yang kita sediakan dari mulai kesehatan, bobot, dan juga kebersihan. Harga yang kita berikan untuk masing masing hewan pun tidak perlu terlalu tinggi. Karna pastinya akan banyak sekali penjual hewan qurban lain yang mungkin menawarkan harga lebih rendah dan menyebabkan pembeli yang telah survey ke beberapa tempat termasuk tempat kita tidak jadi membeli hewan kita.

Sekian sedikit informasi yang dapat saya berikan mengenai Peluang Usaha / Bisnis Modal Kecil Jual Hewan Qurban yang dapat kita bahas, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Zoom Nikon coolpix B 500