Thursday, May 26, 2016

Cara Kerja Mata Pada Manusia

Sistem Kerja Mata Hingga Dapat Melihat
Selamat datang kembali sahabat Trikser, sekarang kita akan membahas bagaimana sih sebenarnya cara kerja pada mata kita hingga kita dapat melihat. Tapi apakah sahabat Trikser sudah membaca permbahasan kita sebelumnya? Bila sahabat ingin tahu tentang struktur pada mata kita silahkan simak Organ - Organ Yang Terdapat Pada Mata Manusia, atau artikel tentang Gangguan / Penyakit Pada Mata Manusia? Bila belum coba nanti disimak juga setelah membaca artikel tentang Cara Kerja Mata Manusia Hingga Dapat Melihat yang akan langsung kita bahas ini.


Cara Kerja Mata Manusia Hingga Dapat Melihat


Mata adalah organ tubuh kita yang membantu kita untuk mengenali cahaya, warna, serta objek lain dan ini yang kita sebut dengan "melihat". Kita tidak sadar bahwa proses detail bagaimana mata membuat kita memiliki kemampuan untuk melihat tidaklah semudah kita memejamkan mata lalu membuka mata dan kita langsung dapat melihat. Tidak, prosesnya jauh lebih panjang dan rumit. Dan tidak banyak yang peduli bagaimana cara kerja mata kita sampai kita dapat melihat, oleh karna itu kali ini kita akan coba bahas alur proses yang terjadi pada mata sampai kita dapat melihat.

Mata kita adalah anugrah dari Yang Maha Kuasa kepada kita, coba sahabat bayangkan apa jadinya jika manusia tidak memiliki mata dan hanya bertumpu pada indra - indra yang lain seperti indra pencium, pendengaran atau indra perasa saja? Wah, beruntung sekali kita memiliki mata untuk dapat melihat indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa yaitu seluruh alam semesta ini.

Mata terdiri dari 40 unsur utama yang memiliki fungsi masing - masing dan tersusun sangat sempurna. Bila salah satu unsur utama pada mata kita terjadi kerusakan, atau memiliki gangguan pada salah satu fungsinya saja, kita tidak akan memiliki kemampuan untuk melihat dengan begitu saja. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang Organ - Organ Pada Mata Manusia Dan Fungsi Masing - Masing Organ, mata kita memiliki organ - organ penting yang memiliki alur kerja yang telah dirancang sangat sempurna.

alur kerja organ - organ mata manusia
Pada bagian depan struktur mata manusia terdapat Cornea, Cornea adalah lapisan tembus cahaya yang berfungsi melindungi bagian yang terdapat dibelakangnya yaitu Pupil. Pupil adalah bagian dalam mata kita yang bertugas mengatur intensitas cahaya. Selain Pupil, terdapat juga Selaput Pelangi yang berfungsi membantu Pupil untuk membesar dan mengecil sesuai intensitas cahaya yang diterima.

Saat cahaya diterima oleh mata, terbentuk sebuah sinyal saraf mengenai keberadaan serta kekuatan cahaya. Sinyal tersebut dikirimkan melalui sel - sel saraf melalui serangkaian mekanisme rumit yaitu perubahan sinyal listrik menjadi energi kima yang dibawa dari satu sel saraf ke sel saraf lain yang terpisah oleh celah - celah yang sangat kecil. Pada saat sel saraf menerima sinyal listrik tersebut, secara otomatis sel saraf akan mengubah sinyal listrik tersebut menjadi sebuah energi kimia yang membawa sebuah memori tentang apa yang diterima oleh mata, dan saat akan meneruskan ke sel saraf yang lain energi kimia ini akan diubah kembali menjadi sebuah sinyal listrik dan begitu seterusnya, dan sinyal ini pada akhirnya akan diterima oleh pusat penglihatan di otak. Setelah otak menerima sinyal tersebut otak akan langsung memberi perintah kepada selaput pelangi dan otot - otot yang berada di sekitarnya ( Iris ) untuk mengencang atau mengerut sesuai kekuatan cahaya yang diterima oleh Pupil dan difokuskan menuju Retina melalui Kristalin.

Simak Juga :


Kira - kira begitulah rangkaian singkat yang dapat saya jelaskan bagaimana proses yang terjadi serta cara kerja pada mata kita sampai kita dapat melihat cahaya, membedakan warna sampai melihat benda atau objek baik itu dekat maupun jauh. Semoga sahabat menjadi mengerti lebih jauh bagaimana cara kerja mata pada manusia.

Zoom Nikon coolpix B 500