Thursday, May 26, 2016

Iritasi Pada Mata? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Pada Mata

Hai sahabat Trikser, kali ini kita akan membahas tentang apa saja penyebab dan cara mengatasi iritasi pada mata. Pastinya sahabat sering beraktifitas di luar ruangan kan, bila kondisinya segar dan udaranya bersih itu akan sangat baik bagi kita, namun bila kondisi udaranya kotor berdebu dan berpolusi apakah baik untuk kita? Mata kita sangatlah rentan terhadap udara yang kotor karna mata kita sangat terbuka, hanya dilindungi oleh alis bulu mata dan kelopak mata, tapi tentunya kita tidak bisa menutup kelopak mata kita dalam waktu yang lama saat kita beraktifitas atau berkendara. Akibatnya mata kita akan sering mengalami iritasi, mulai iritasi mata ringan hingga yang iritasi mata yang lebih kompleks.Berikut beberapa penyebab iritasi pada mata dan cara mengatasinya.


Penyebab Iritasi Pada Mata


Mata kita adalah organ tubuh kita yang terbuka, oleh karnanya sangat rentan terhadap berbagai benda asing yang ada di udara sekitar kita. Bila sahabat sering melakukan aktifitas, atau pekerjaan sahabat menuntut untuk berada sangat lama di luar ruangan, harus lebih waspada akan kesehatan mata. Mata kita dapat dengan mudah terserang debu, kotoran, atau bakteri dan virus yang tidak dapat kita lihat. Dan bila kita diamkan begitu saja, bakteri dan virus tersebut akan membuat mata kita mengalami gangguan - gangguan. Bagi pengguna Contact Lense atau Lensa Mata, akan lebih mudah terserang bakteri karna Contact Lense yang menempel langsung pada mata mengandung bakteri.

Baca Juga : Bahaya Soft Lense Bagi Kesehatan Mata

Gejala Iritasi Pada Mata Dan Cara Mengatasinya


Konjungtivitis
Iritasi mata yang satu ini adalah yang paling sering dialami banyak orang, karna penyebab dari iritasi ini adalah debu serta udara yang kotor. Akibatnya terjadi peradangan pada Conjunctiva dan mata kita akan menjadi merah ( Pink Eye ). mata akan terasa gatal dan perih serta mengeluarkan lebih banyak air mata. Cara mengatasinya adalah kompres mata dengan air dingin, bila disebabkan oleh bakteri atau virus sebaiknya dibawa ke dokter untuk diberi obat tetes mata yang mengandung antibiotik.

Waterry Eyes
Mata berair ( Epiphora ) adalah gangguan pada mata dimana mata akan produksi air mata secara berlebih. Ini dapat disebabkan oleh peradangan pada  Conjunctiva atau sebagai reaksi dari sindrom mata kering. ( Dry eyes Syndrome ). Cara mengatasi Dry Eyes Syndrome adalah dengan penggunaan obat tetes mata, bila penyebabnya adalah alergi gunakan Antihistamin.

Dry Eyes
Mata kering ( Keratoconjuntivitis Sicca ). Mata kering ini disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari pemakaian soft lense yang tidak sesuai, mata terpapar udara panas, atau akibat penggunaan komputer secara berlebihan. Mata kita menjadi kering atau kurangnya produksi air mata. 

Keratitis
Keratitis adalah peradangan ( Inflamasi ) yang terjadi pada Cornea. Keratitis disebabkan utamanya karna adanya luka atau serangan virus. Cara mengatasi iritasi mata yang umumnya terjadi pada pengguna softlense adalah dengan menggunakan obat antivirus untuk menangani Inflamasi pada Cornea atau obat anti jamur untuk Keratitis yang disebabkan oleh jamur.

Iritis ( Uveitis Anterior )
Iritis adalah peradangan yang terjadi pada Iris. Iritis disebabkan oleh Predisposisi Genetik, Infeksi, serta penyakit Autoimun. Sering juga terjadi pada pengguna softlense dan pengguna make-up untuk daerah sekitar mata. Cara mengatasi Iritis adalah dengan menggunakan antibiotik dan obat Kortikosteroid.

Simak Juga :


Demikian artikel yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga Penyebab Dan Cara Mengatasi Iritasi Pada Mata yang sudah sahabat Trikser simak dapat membantu sahabat semua.

Zoom Nikon coolpix B 500