Saturday, May 28, 2016

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata
Mata kita adalah salah satu organ tubuh yang paling mudah terserang kuman penyakit serta terganggu kesehatannya. Hampir di seluruh dunia penyakit mata selalu menjadi hal yang merepotkan bagi penderitanya yang tidak kenal batasan usia, dari anak kecil remaja dewasa hingga orang tua. Gangguan - gangguan pada mata ini akan menyulitkan kita saat kita beraktifitas. Apakah Anda salah satunya? Bila ya mari kita simak artikel berikut mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata kita.


Kesehatan Mata


Mata memiliki organ - organ vital dan puluhan organ lain yang memiliki peranan masing - masing. Cara kerja pada mata yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya juga sangatlah rumit. Namun hanya sedikit yang peduli dengan kondisi kesehatan matanya. Apakah sahabat sudah tahu bahwa mata membutuhkan nutrisi dan asupan vitamin A yang cukup setiap harinya? Mata juga membutuhkan waktu beristirahat dan memiliki batasan serta dapat merasakan lelah pula.

1. Asupan Vitamin A
Seperti pada artikel sebelumnya, kita telah membahas makanan - makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi yang baik untuk mata. Makanan - makanan ini sangat baik kita konsumsi setiap hari untuk selalu memenuhi nutrisi dan asupan yang dibutuhkan oleh mata. Nutrisi dan asupan ini adalah untuk mengganti energi yang telah dikeluarkan mata dan untuk menjaga kesehatan mata kita dan mencegah timbulnya berbagai penyakit mata.

2. Istirahat
Sama seperti kaki, pinggang, leher, serta bagian tubuh kita yang lain, mata kita juga dapat merasakan lelah dan capek. Tapi kita malah cuek atau tidak merasakan sama sekali bahwa otot - otot pada mata kita telah tegang dan mata kita menjadi lebih kering yang menandakan mata kita butuh sedikit waktu untuk istirahat. Baca juga Cara Jitu Melatih Otot Mata Kita.

3. Pelindung Mata
Pada saat berkendara terutama sahabat yang menggunakan motor, debu dapat dengan mudah masuk ke dalam mata kita yang sangat terbuka. Untuk menghindari masuknya benda asing serta kotoran yang dapat membawa kuman dan virus lebih baik bila menggunakan kaca mata pada saat mengendarai motor.

4. Obat Tetes Mata
Seringkali kita merasakan mata kita pedih saat debu masuk ke dalam mata kita, dan hal yang paling pertama yang ada di pikiran kita adalah mengucek atau menggaruk mata kita. Padahal hal ini akan menyebabkan debu yang ada di dalam mata kita bergesekan langsung dengan bagian dalam mata kita dan akan menyebabkan luka lecet di dalam mata sehingga akhirnya timbul iritasi serta infeksi. Jadi untuk sahabat yang terbiasa mengucek mata sebaiknya membiasakan diri untuk menggunakan obat tetes mata dan jangan pernah mengucek mata bila merasakan ada benda asing masuk ke dalam mata. Simak juga Penyebab Iritasi Pada Mata Dan Cara Mengatasinya

5. Periksa Mata Rutin
Untuk mencegah mata kita terkena penyakit atau untuk mencegah gangguan yang ada pada mata kita menjadi lebih parah, sebaiknya periksakan mata kita secara rutin ke dokter mata. Dan untuk pengguna kaca mata periksakan setiap bulan ukuran minus/cilinder pada mata kita. Karna bila kita menggunakan kaca mata dengan ukuran minus/cilinder yang berbeda dengan kondisi mata kita hanya akan memperburuk atau membuat minus kita bertambah lebih cepat. Simak juga Cara Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah.

Demikian artikel yang dapat saya bagikan tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata kita, semoga bermanfaat bagi sahabat semua.

Zoom Nikon coolpix B 500