Saturday, May 28, 2016

Cara Memilih Shampoo Yang Tepat Untuk Wanita

shampoo yang tepat untuk berbagai jenis rambut

Memilih Shampoo Yang Tepat Sesuai Jenis Rambut Dan Kulit Kepala

Kali ini kita akan membahas tentang mahkota setiap perempuan yaitu Rambut. Ya, sudah lama sekali kita mendengar ungkapan bahwa rambut adalah mahkota setiap perempuan. Hal ini memang benar adanya. Namun banyak sekali ladies yang kesulitan dalam menemukan shampoo yang tepat bagi mereka, dan setelah mencoba shampo satu dan yang lain bukan hasil yang didapat tapi malah kondisi rambut semakin parah. Bagi sahabat yang sama seperti kebanyakan ladies diluar sana, coba simak pembahasan di bawah ini tentang bagaimana cara memilih shampo yang tepat untuk kita.


Hal paling penting dalam memilih shampo yang tepat bagi kita adalah terlebih dahulu mengenal jenis rambut serta kulit kepala kita masing - masing. Karna produk satu dan yang lain memiliki kandungan yang berbeda dan ditujukan untuk kasus atau masalah pada rambut yang berbeda pula. Mari kita kenali dulu jenis rambut dan kulit kepala kita.


Kenali Jenis Rambut Kita Terlebih Dahulu


1. Rambut Normal. Rambut normal adalah jenis rambut yang terasa lembut dan halus bila diraba, berkilau dan bercahaya saat terkena sinar, serta relatif mudah ditata.

2. Rambut Kering. Ciri - ciri jenis rambut yang satu ini adalah rambut terlihat kusam, apabila kita raba akan terasa kaku, dan cenderung berwarna kemerahan atau pirang. Pada jenis rambut ini banyak sekali ditemukan masalah ketombe, ujung rambut bercabang sampai rambut rapuh.

3. Rambut Berminyak. Untuk rambut berminyak, dapat kita ketahui dengan tingkat pertumbuhan rambut yang sangat cepat, rambut selalu terlihat basah dan berminyak, tingkat elastisitas rambut sangat tinggi, namun mudah ditumbuhi ketombe dan mudah sekali kotor.

4. Rambut rusak. Sebenarnya rambut rusak adalah jenis rambut normal yang mengalami kerusakan setelah terpapar bahan kimia seperti pewarnaan rambut, smoothing, bleaching dan pengeritingan. Jenis rambut ini dapat kita kenali dengan kondisi rambut yang sangat kasar, tidak bercahaya sama sekali, dan kondisi rambut ini sangatlah kering dan mudah kusut.

Bagaimana Kondisi Kulit Kepala Kita ?


1. Berminyak.
Kulit kepala setiap orang berbeda - beda. Sebagian orang memiliki kulit kepala normal, ada juga yang memiliki kulit kepala berminyak, selain itu ada yang memiliki kulit kepala yang sensitive. Bagi sahabat yang memiliki kulit kepala berminyak, sebaiknya tidak memilih shampoo yang mengandung mosturizer, smoothing, dan hydrating karna shampo dengan kandungan ini sangat tidak cocok untuk kulit kepala yang berminyak dan akan menyebabkan rambut menjadi lepek serta akan menambah ketombe pada kepala kita, gunakanlah shampo yang mengandung menthol, tea, dan juga olive oil. 

2. Sensitive.
Untuk kulit kepala yang sensitive, sebaiknya sahabat lebih berhati - hati dalam memilih shampoo. Perhatikan kadar asam yang terdapat pada shampoo, karna bila shampoo mengandung kadar asam yang terlalu tinggi serta bahan lain yang juga keras, kulit kepala kita akan menjadi iritasi sampai gatal - gatal.


Memilih Shampo Yang Tepat Untuk Jenis Rambut Kita


1. Shampo Yang Tepat Untuk Rambut Normal

  • Normal Lurus, untuk rambut yang satu ini sebenarnya tidak perlu repot memilih produk shampoo karna hampir tidak ada masalah untuk memakai shampoo berlabel apapun, namun untuk hasil yang lebih baik gunakan shampo dengan label smoothing atau straight hair shampoo.
  • Normal Ikal, shampoo yang tepat adalah dengan menggunakan shampoo berlaber moisturizing atau hydrating. Kedua jenis shampoo ini sangat baik untuk memberi nutrisi pada rambut serta melembutkan rambut kita.
  • Normal Tipis, bila sahabat memiliki rambut normal dan rambut agak tipis maka shampoo yang paling tepat adalah shampo yang berlabel volumizing, untuk memberi volume atau membuat rambut terlihat lebih tebal.
  • Normal Keriting, untuk rambut jenis curly atau keriting ini sudah ada produk tersendiri yang dibuat khusus untuk para sahabat yaitu shampo dengan label curly hair. Shampo berlabel curly ini dapat menutrisi dan juga melembutkan rambut, tingkat keikalan pada rambut keriting sahabat juga dapat berkurang.


2. Shampo Yang Tepat Untuk Rambut Kering
Untuk sahabat yang memiliki rambut kering, tidak perlu khawatir dan bingung dalam memilih shampo yang tepat. Shampo dengan label moisturizing dan smoothing sangat bagus untuk rambut kering sahabat. Bila disertai dengan banyak ketombe, pilih shampo yang terbuat dari bahan menthol atau teh hijau dan sebagainya. Khusus untuk rambut kering, hindari pemakaian shampo dengan label Strengthening dan Volumizing serta shampo yang mengandung sulfat, karna akan membuat rambut dan kulit kepala kita semakin kering dan rusak.

3. Shampoo Yang Tepat Untuk Rambut Berminyak
Untuk sahabat yang memiliki rambut yang berminyak, pilihlah shampoo yang berlabel Daily Clarifying Shampoo, atau Super Clarifying Treatment untuk rambut dengan kondisi yang sudah cukup parah. Hindari shampo berlabel Moisturizing dan Smoothing, karna hanya akan menambah tingkat kelembaban rambut sahabat.

Sekian informasi serta tips yang dapat saya bagikan, semoga sahabat sekalian tidak lagi bingung untuk memilih shampo yang tepat sesuai jenis rambut dan kulit kepala sahabat semuanya.

Zoom Nikon coolpix B 500