Wednesday, May 25, 2016

Beberapa Gangguan Pada Mata Dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi gangguan pada mata

Trikser.blogspot.com - Mata adalah indra yang sangat penting bagi kita. Tanpa mata kita tidak dapat melihat betapa indahnya alam semesta karya Sang Pencipta. Bila kita mengalami gangguan pada mata pasti akan sangat mempengaruhi kegiatan / aktifitas kita sehari - hari. Tidak sedikit orang yang mengalami gangguan pada penglihatannya, namun tidak tahu harus berbuat apa dan malah mendiamkan saja kondisi mata-nya seperti itu. Untuk itu saya akan coba bagikan informasi mengenai permasalahan yang sering terjadi pada mata dan tips atau cara untuk mengatasi dan mengobati gangguan pada mata kita.



Gangguan Pada Mata Dan Cara Mengatasinya

Simak Juga : Organ Pada Mata Manusia dan Sistem Kerja Mata Pada Manusia

Gangguan - Gangguan Pada Mata


1. Rabun Jauh (Myopi )
Rabun jauh pada mata yaitu ketidakmampuan mata untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. Rabun jauh ( Myopi ) disebabkan oleh jarak titik api lensa mata lebih pendek atau lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan jatuh di depan retina.

2. Rabun Dekat (Hypermetropi)
Rabun dekat (Hypermetropi) berbanding terbalik dengan Rabun jauh (Myopi), penderita rabun dekat (Hypermetropi) tidak dapat melihat benda yang dekat dengan jelas. Penyebab rabun dekat (Hypermetropi) adalah lensa mata terlalu pipih. Titik api lensa berada di belakang retina.

3. Rabun Dekat dan Jauh (Presbiopi)
Gangguan pada mata yang satu ini menyebabkan penderitanya tidak dapat melihat dengan jelas benda yang berada dekat maupun jauh. Kebanyakan penderita Presbiopi ini adalah orang yang sudah lanjut usia.

4. Rabun Senja
Gangguan mata yang satu ini lebih kita kenal dengan istilah Rabun AyamRabun senja adalah gangguan pada mata yang menyebabkan penderita tidak dapat melihat jelas saat penerangan kurang, seperti pada sore hari atau ruangan yang kurang pencahayaannya.

5. Buta Warna
Untuk buta warna kita bedakan menjadi 2(dua) yaitu :
- Buta Warna Total. Kondisi dimana seseorang tidak dapat mempresentasikan warna dan membedakan warna. Warna yang dapat dipresentasikan oleh mata penderita Buta Warna Total hanya hitam, abu-abu dan putih.
- Buta Warna Parsial. Berbeda dengan buta warna total. Penderita buta warna parsial hanya tidak dapat membedakan warna - warna tertentu.

6. Silinder Astigmatis )
Astigmatis disebabkan oleh ukuran lensa mata atau kornea tidak rata. Ketidakteraturan lengkung - lengkung pada bias mata ini berakibat cahaya tidak fokus pada 1 (satu) titik retina.

7. Kebutaan
Kebutaan menyebabkan seseorang tidak dapat melihat sama sekali. Bisa disebabkan faktor keturunan maupun kecelakaan. Simak juga Penyebab Utama Kebutaan.

8. Katarak
Katarak adalah penyakit mata dimana lensa mata menjadi buram karna penebalan. Pada umumnya terjadi pada lanjut usia. Bila tidak segera diangkat gangguan pada mata ini dapat menyebabkan kebutaan.


Simak Juga : Makanan Yang Mengandung Vitamin A Yang Baik Untuk Mata

Cara Mengatasi Gangguan Pada Mata


1. Rabun Jauh (Myopi )
Cara untuk mengatasi Rabun Jauh adalah dengan menggunakan kacamata lensa cekung / kacamata minus.

2. Rabun Dekat (Hypermetropi)
Cara untuk mengatasi Rabun Dekat adalah dengan menggunakan kacamata lensa cembung / kacamata plus

3. Rabun Dekat dan Jauh (Presbiopi)
Cara untuk mengatasi Presbiopi adalah dengan menggunakan kacamata lensa rangkap. Bagian atas lensa cekung dan bagian bawah lensa cembung.

4. Katarak
Cara untuk mengatasi Katarak adalah dengan melakukan operasi untuk pengangkatan atau pembersihan.

5. Silinder Astigmatis )
Cara untuk mengatasi mata Silinder ( Astigmatis ) adalah dengan menggunakan kacamata berlensa silindris.

Simak Juga :


Sekian Beberapa Gangguan Pada Mata dan Cara Untuk Mengatasinya yang dapat saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

Referensi : Wikipedia

Zoom Nikon coolpix B 500