Tuesday, May 31, 2016

Penyebab Serta Cara Efektif Menghilangkan Komedo

Kulit wajah tampaknya selalu menyita perhatian dan menuntut perlakuan istimewa, hal ini terjadi hampir pada setiap wanita. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bintik - bintik membandel ini. Lalu apakah Anda tahu apa komedo itu, apa penyebab komedo, serta cara menangani komedo dengan tepat? Yuk simak di bawah.


Pengertian komedo serta cara menghilangkan komedo

Pengertian Komedo


Komedo adalah salah satu bentuk gangguan pada kulit wajah yang terjadi akibat penyumbatan pori - pori wajah, serta produksi minyak pada wajah yang berlebih. Komedo berbentuk seperti bintik yang muncul di permukaan kulit wajah dan berwarna hitam. Oleh karna itu kita sering menyebutnya bintik hitam pada wajah. Selain di wajah komedo juga dapat muncul di area dagu, punggung dan dada.

Penyebab Komedo


- Penyebab munculnya komedo pada wajah yang pertama adalah akibat sel - sel kulit mati serta produksi minyak pada wajah yang berlebih. Sel - sel kulit mati ini akan menutupi pori - pori pada wajah dan akan menumpuk hingga membentuk sebuah benjolan atau bintik pada wajah.
- Penyebab komedo yang kedua adalah membesarnya pori - pori pada kulit wajah lalu terpapar oleh udara dan menyebabkan inti pori - pori berubah menjadi kecoklatan atau hitam.
- Penyebab komedo yang ketiga adalah perubahan hormon. Ada masa dimana hormon seseorang akan meningkat dan menyebabkan kelenjar minyak akan menghasilkan minyak lebih banyak dari biasanya dan menyumbat pori - pori pada wajah.
- Penyebab komedo yang keempat adalah akibat konsumsi obat - obatan tertentu seperti pil KB atau Steroid.

Cara Menghilangkan Komedo


Ada berbagai cara yang diberikan oleh pakar kecantikan wajah untuk menghilangkan komedo atau bintik hitam pada wajah. Banyak juga produk - produk kecantikan yang dipasarkan untuk membantu para wanita menghilangkan komedo pada wajah. Berikut cara menghilangkan komedo yang patut Anda jalankan.

Menghilangkan Komedo Dengan Cara Alami

Cara Menghilangkan Komedo

1. Dengan Buah Lemon

Ada banyak sekali produk kecantikan untuk menghilangkan komedo yang memanfaatkan khasiat dari buah lemon ini. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah lemon terbukti ampuh dapat menghilangkan komedo. Lemon dapat menahan produksi minyak berlebih pada wajah yang dapat menimbulkan komedo. Cara menggunakan buah lemon untuk menghilangkan komedo pun sangat lah mudah, cukup peras buah lemon yang telah di belah menjadi 2(dua) bagian, lalu baluri wajah dengan air perasan buah lemon tersebut. Lakukan pijatan ringan selama 10 menit dan lakukan penekanan yang lebih pada area yang berkomedo. Bilas bersih dengan air hangat.


2. Dengan Madu

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari kandungan yang terdapat pada madu seperti untuk menghilangkan jerawat membandel seperti yang telah kita bahas pada artikel Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Madu. Cara untuk menghilangkan komedo menggunakan madu ini juga sangat sederhana dan mudah sekali, cukup gunakan madu sebagai masker wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas bersih.

3. Dengan Lidah Buaya

Sama seperti menghilangkan komedo dengan madu, dengan lidah buaya pun cukup gunakan lendir lidah buaya sebagai masker wajah terutama pada bagian yang berkomedo.


Cara Mencegah Komedo


1. Cuci Muka Teratur

Untuk menghindari penumpukan sel kulit mati atau kotoran pada wajah kita harus rajin mencuci muka, terutama bagi Anda yang bekerja atau sering beraktifitas di luar ruangan. Pilihlah sabun mencuci muka yang cocok dengan kondisi wajah Anda, Perhatikan ph balance pada sabun cuci muka Anda.


2. Hindari Kalori, Makanan Berlemak dan Makanan Pedas

Hal - hal ini dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajah dan juga proses pengelupasan kulit akan terhambat sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati pada wajah yang pada akhirnya akan menimbulkan komedo.

3. Gunakan Scrub

Scrub berguna untuk membantu proses pengelupasan kulit mati pada wajah. Jadi bagi Anda yang ingin menghilangkan komedo sebaiknya gunakan produk pencuci muka yang memiliki scrub. Namun tetap perhatikan ph balance yang terkandung di dalamnya.

4. Jangan Pencet Komedo

Sering kita alami saat kita berada di depan kaca dan menyadari ada bintik hitam pada wajah kita, kita langsung berinisiatif memencet atau menggaruk kulit wajah kita untuk menghilangkan jerawat ataupun komedo, namun justru hal ini yang akan membuat komedo pada wajah kita semakin bertambah. Belum lagi efek lain yang akan timbul seperti iritasi pada wajah, jerawat atau komedo membengkak, dan timbul komedo atau jerawat lain. Padahal belum tentu setelah kita memegang memencet dan menggaruk wajah kita, komedo dan jerawat itu langsung hilang begitu saja.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengerti apa itu komedo, apa penyebab komedo, dan bagaimana cara untuk mencegah serta menghilangkan komedo?

Zoom Nikon coolpix B 500